PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKTUAL(CTL) DAN PEMAHAMAN KALIMAT EFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA SMP NEGERI 1 DOLOK MASIHUL

Nasution, Syarifuddin (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKTUAL(CTL) DAN PEMAHAMAN KALIMAT EFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA SMP NEGERI 1 DOLOK MASIHUL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8136192030 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8136192030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8136192030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8136192030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8136192030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8136192030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8136192030 BAB I.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 NIM. 8136192030 BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM. 8136192030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Inovasi proses belajar-mengajar yang kreatif dan rekreatif adalah kunci pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Pada umumnya siswa lebih tertarik pada pelajaran-pelajaran yang berhubungan dengan perhitungan (eksakta) dibandingkan dengan pelajaran yang memerlukan pemahaman dalam bentuk hafalan (noneksakta). Pemilihan model pembelajaran yang baik dengan didukung strategi yang tepat merupakan salah satu upaya pencapaian standar kompetensi yang ditetapkan. Menulis Teks Eksplanasi yang menjadi salah satu kompetensi dasar yang diajarkan pada kelas VII SMP. Penggunaan model pembelajaran kontekstual (CTL) dan pemahaman kalimat efektif yang diterapkan pada kompetensi ini diharapkan layak dan efektif digunakan pada proses pembelajaran di sekolah. Pada akhir penelitian ini ditemukan hasil sesuai dengan hipotesis yang diungkapkan yaitu kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang memahami kalimat efektif lebih tinggi akan lebih baik dibandingkan dengan kemampuan menulis siswa yang memahami kalimat efektif lebih rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan menulis siswa yang diajarkan dengan model CTL; (2) mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang memiliki pemahaman kalimat efektif dan; (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran CTL dan pemahaman kalimat efektif siswa terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode penelitian semu (quasi eksperiment), dengan mengambil sample secara acak (simple random sampling) dari populasi yang ada yaitu dua kelas dengan jumlah siswa masing-masing 36 orang. Desain penelitian adalah desain factorial 2x2 yang digunakan untuk melihat perbandingan pengaruh pengguunaan model CTL dan Ekspositori terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi ditinjau dari tingkat pemahaman kalimat efektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes nonobjektif, yaitu tes awal dan tes akhir. Pengontrolan perlakuan dilakukan dengan melihat validitas internal dan eksternal. Hasil ujicoba dengan menggunakan anava diperoleh hasil F hitung> F tabel yaitu 21,23 > 4,06 dengan signifikansial fa sebesar 0,05. Perhitungan interaksi antara model CTL terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi diperoleh hasil F hitung> F tabel yaitu 6,48>4,06 dengan signifikansial fa sebesar 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Rosmawaty196104201987032002
Thesis advisorSyarifuddin, 195501131982031002
Call Number: 411.071 2 Nas p
Keywords: Model pembelajaran CTL; Kalimat efektif; Teks eksplanasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27146

Actions (login required)

View Item View Item