PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA N 1 KUTALIMBARU T.P. 2016/2017

Sihotang, Nurhasanah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA N 1 KUTALIMBARU T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 4131141032 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 4131141032 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 4131141032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 4131141032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 4131141032 CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 4131141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 4131141032 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 4131141032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 4131141032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 4131141032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 4131141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan hasil belajar dan kemampuan bertanya siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA N 1 Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2016/2107 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 116 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak (random sampling) dengan jumlah siswa sebanyak 80 orang yaitu kelas XI IPA 1 merupakan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dengan jumlah siswa 40 orang sedangkan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan jumlah siswa 40 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Berdasarkan nilai rata-rata terlihat adanya pengaruh hasil belajar dan kemampuan bertanya siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dimana nilai postest kelas siswa pada kelas eksperimen sebesar 82,9 dan SD sebesar 6,3. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 79,25 dengan SD sebesar 5,86. Adanya pengaruh hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttab (6,66 > 2,001), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata kemampuan bertanya siswa pada kelas eksperimen yaitu 60,5% dengan predikat cukup baik dan kelas kontrol 32,5% dengan predikat kurang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar dan kemampuan bertanya siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA N 1Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDjulia, M.Pd, Dr. Ely196607241991032012
Call Number: SK-2017 BIO 133
Keywords: MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Q Science > QK Botany > QK900 Plant ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2017 11:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26305

Actions (login required)

View Item View Item