PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN INKUIRI TERBUKA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Harahap, Maysarah (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN INKUIRI TERBUKA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133331074 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133331074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133331074 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133331074 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133331074 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133331074 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133331074 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133331074 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133331074 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133331074 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133331074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran inkuiri terbuka berbantuan media audio visual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan pada kelas X dengan populasi sebanyak 6 kelas paralel. Sampel kelas ditentukan dengan tehnik simple ramdom sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbuka berbantuan media audio visual. Penelitian ini menggunakan instrument tes objektif sebanyak 18 soal yang diuji validitasnya, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Analisa data menggunakan uji t-dua pihak pada taraf signifikan 5% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual dan model inkuiri terbuka berbantuan media audio visual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Hal ini dapat dilihat dari harga rhitung > rtabel = 2,4531>2,0084.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYusuf, Muhammad198304112008011005
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: SK-2017 KIM 107
Keywords: INKUIRI TERBIMBING, INKUIRI TERBUKA, MEDIA AUDIO VISUAL, HASIL BELAJAR
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25303

Actions (login required)

View Item View Item