MENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 106150 TANDAM HULU I T.A 2016/ 2017

Agustina, Sri Ines (2017) MENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 106150 TANDAM HULU I T.A 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133311086_COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133311086_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133311086_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133311086_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133311086_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133311086_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133311086_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133311086_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133311086_BAB I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133311086_BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133311086_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pemaparan yang telah diuraikan, maka peneliti merumuskan masalah yaitu : “Apakah dengan menggunakan metode Active Learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada materi Health di kelas V SD pada pembelajaran Bahasa Inggris SD Negeri 106150 Tandam Hulu I, Kec. Hamparan Perak, Kab. Deli Serdang T.A 2016/ 2017? Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan di SD Negeri 106150 Tandam Hulu I. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan, dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi (pemantauan) dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari 27 orang siswa kelas V SD Negeri 106150 Tandam Hulu I kemampuan berbicara (speaking) siswa pada kondisi awal terdapat 24 orang siswa belum tuntas dalam kemampuan berbicara dengan persentase 88,89% dan 3 orang siswa yang tuntas dalam kemampuan bericara dengan persentase 11,11% dengan nilai rata-rata 18. Selanjutnya dilaksanakan siklus I dengan menggunakan strategi Active Learning terdapat 11 orang siswa belum tuntas dalam kemampuan berbicara dengan persentase 40,74% dan 16 orang siswa yang tuntas dalam kemampuan berbicara dengan persentase 56,25% dengan rata-rata 23. Pada siklus II terdapat 3 orang siswa yang belum tuntas dalam kemampuan berbicara dengan persentase 11,11% dan 24 orang siswa yang tuntas dalam kemampuan berbicara dengan persentase 88,88% dengan rata-rata 25. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas guru dengan perolehan nilai pada siklus I pertemuan 1 yaitu 53,75% dengan kriteria kurang, pertemuan 2 diperoleh nilai 70% dengan baik dan pada siklus II pertemuan 1 diperoleh nilai 82,5% dengan kriteria baik, pertemuan 2 diperoleh nilai 95% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbicara (speaking) siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Learning pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas V SD Negeri 105061 Tandam Hulu I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty19611026187032001
Call Number: SK-2017 PGSD 161
Keywords: Strategi Active Learning Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 May 2017 02:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24594

Actions (login required)

View Item View Item