PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA IMELDA MEDAN T.P. 2016/2017

RINA, (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA IMELDA MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4121121024 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4121121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4121121024 ABSTRACT ID.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4121121024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4121121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4121121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4121121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4121121024 TABLES.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4121121024 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4121121024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4121121024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4121121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05. Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 48,28 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 44,53. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,08 dan Ftabel = 2,37 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,962 < ttabel = 1,999 sehingga H0 diterima berarti kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 71,41 dan kelas kontrol = 62,50. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 3,835 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurwanto, 196605071999031000
Call Number: SK-2017 FIS 056
Keywords: Hasil belajar siswa, Inkuiri, Aktivitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Apr 2017 07:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23922

Actions (login required)

View Item View Item