PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN THINK TALK WRITE (TTW) DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.A 2016/2017

Sinaga, Venina (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN THINK TALK WRITE (TTW) DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1a.COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1b.lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1d.ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1e.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1e.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1f.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1g.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1h.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1i.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW di SMA Negeri 1 Sunggal pada materi Program Linier T.A 2016/2017 dan apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW pada materi Program Linier T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest Only Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan TTW, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 5 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang telah dipilih secara purposive yaitu siswa kelas XI MIA-1 menjadi kelas eksperimen A dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan siswa kelas XI MIA-2 menjadi kelas eksperimen B dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 76,96 sedangkan pada kelas eksperimen B nilai rata-rata posttest adalah 72,73. Setelah diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (1,841) > (1,670). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran GI dan TTW. Dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe TTW dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Program Linier bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMariani, 195703131980112001
Call Number: SK-2017 MAT 051
Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematika, GI, TTW
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 04:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23650

Actions (login required)

View Item View Item