UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2015/2016

Simatupang, Ridwandi Asdeni (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6103311199 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6103311199 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6103311199 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6103311199 PREFACE.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6103311199 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6103311199 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6103311199 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6103311199 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6103311199 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6103311199 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6103311199 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Lari Sprint dengan menggunakan Gaya mengajar Resiprokal Pada Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Ajaran 2015/2016”. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sunggal Kabupaten Deli Serdang, waktu penelitian pada tanggal 24 Februari sampai dengan 10 Maret Tahun 2016. Objek dalam penelitian ini adalah menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal, untuk meningkatkan hasil belajar Lari Sprint. Sedangkan subjek dalam pe nelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 14 putra dan 16 putri. Jenis penelitian ini adalah menggunakan PTK (PenelitianTindakanKelas).Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar Lari Sprint. Dari hasil tes awal dari 30 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 5 orang siswa (16,66%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 25 orang siswa (83,33%) belum memiliki ketuntasan belajar (Tidak Tuntas). Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 58,31%. Sedangkan hasil pada Siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar Atletik Lari Sprint yaitu 16 orang siswa (53,33%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 14 orang siswa (46,66%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan Lari Sprint pada siklus I secara keseluruhan mencapai (68,93%). Pada siklus II yaitu 26 orang siswa (86,66%) siswa yang tuntas belajarnya, dan 4 orang siswa (13,33%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan Lari Sprint pada siklus II mencapai (86,66%). Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,69 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 33,33%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Ajaran 2015/2016 dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar Atletik Lari Sprint.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorValianto, Budi196605201991021001
Call Number: SK-2016 PJKR 038
Keywords: Lari Sprint;Gaya Mengajar Resiprokal; Pendidikan Jasmani
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2016 01:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21904

Actions (login required)

View Item View Item