PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS BUDAYA TAPSEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMPN 1 HALONGONAN

Riani, Nova (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS BUDAYA TAPSEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMPN 1 HALONGONAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 8146172054 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 8146172054 APROVAL SHEET 222.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 8146172054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 8146172054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 8146172054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 8146172054 TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 8146172054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 8146172054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
012. NIM 8146172054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013. NIM 8146172054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran discovery learning berbasis budaya Tapsel; 2) peningkatan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Four-D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Halongonan, objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran model discovery learning berbasis budaya Tapsel. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid baik dari segi isi maupun konstruk; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan; (3)perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (4) adanya peningkatan kemampuan komunkasi siswa pada ujicoba I sebesar 80,9 meningkat menjadi 85,5 pada ujicoba II; dan (5) adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari uji coba I sebesar 74,25 menjadi 80,33 pada ujicoba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorKarnasih, Ida195009141979032002
Call Number: 510.071 Ria p
Keywords: Perangkat; Pembelajaran; Discovery; Learning; Budaya; Tapsel; Komunikasi; Kreatif matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Nov 2016 03:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21640

Actions (login required)

View Item View Item