PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PETA KONSEP DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 116875 RANTAUPRAPAT

Ritonga, Mardiah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PETA KONSEP DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 116875 RANTAUPRAPAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Nim. 8146182026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. Nim. 8146182026 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 2 Nim. 8146182026 Approval.pdf]
Preview
Text
2 Nim. 8146182026 Approval.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 3. Nim. 8146182026 ABSTRCT.pdf]
Preview
Text
3. Nim. 8146182026 ABSTRCT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 4. Nim. 8146182026 Acknowledment.pdf]
Preview
Text
4. Nim. 8146182026 Acknowledment.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 5. Nim. 8146182026 Table of Content.pdf]
Preview
Text
5. Nim. 8146182026 Table of Content.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 6. Nim. 8146182026 Tables.pdf]
Preview
Text
6. Nim. 8146182026 Tables.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 7. Nim. 8146182026 Illustration.pdf]
Preview
Text
7. Nim. 8146182026 Illustration.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 8. Nim. 8146182026 Appendices.pdf]
Preview
Text
8. Nim. 8146182026 Appendices.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 9. Nim. 8146182026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. Nim. 8146182026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 13. Nim. 8146182026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. Nim. 8146182026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 14. Nim. 8146182026 Bibliography.pdf]
Preview
Text
14. Nim. 8146182026 Bibliography.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan sosial siswa terhadap hasil belajar PPKn. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 116875 Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu sebanyak 2 kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 31 siswa dan 30 siswa, atau populasi seluruhnya berjumlah 61 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 2 kelas atau merupakan total unit populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning ( = 29,32) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung ( = 27) dengan Fhitung = 13,32 > Ftabel = 4,00, (2) rata-rata hasil belajar PPKn siswa dengan keterampilan sosial tinggi ( = 29,90) lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa dengan keterampilan sosial rendah ( = 26,20), dengan Fhitung = 10,41 > Ftabel = 4,00, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan sosial dengan Fhitung = 12,51 > Ftabel = 4,00. Hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik keterampilan sosial tinggi maka model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan pada siswa dengan karakteristik keterampilan sosial rendah maka model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran langsung. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada tenaga pengajar untuk memperhatikan strategi pembelajaran dan karakteristik siswa dalam merancang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Rit p
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Keterampilan sosial; Hasil belajar PPKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2016 02:45
Last Modified: 01 Nov 2016 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21015

Actions (login required)

View Item
View Item