PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PERNAPASAN EKSPIRASI DI SMA SWASTA KARTIKA I – 2 MEDAN T.P. 2015/2016

Simanungkalit, Tirma Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PERNAPASAN EKSPIRASI DI SMA SWASTA KARTIKA I – 2 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4121141029 COVER.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4121141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4121141029 ASTRACT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4121141029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4121141029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4121141029 TABLE OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4121141029 TABLES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4121141029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4121141029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4121141029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4121141029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kartika I – 2 Medan pada bulan Mei 2016, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non – equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 34 murid (kelas eksperimen) dan 34 murid (kelas kontrol). Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes keterampilan proses sains. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata – rata posttest kelompok eksperimen untuk berpikir kritis sebesar 44,77 dengan standar deviasi 11,60 dan kelompok kontrol sebesar 23,9 dengan standar deviasi 8,58. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata – rata posttest keterampilan proses sains kelompok eksperimen sebesar 64,77 dengan standar deviasi 5,68 dan kelompok kontrol sebesar 34,48 dengan standar deviasi 5,63. Hasil uji – t menunjukkan bahwa thitung untuk kemampuan berpikir kritis sebesar 8,43 lebih besar dari ttabel yaitu 1,67 dengan taraf signifikasi 5%, maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Hasil uji –t menunjukkan bahwa thitung untuk keterampilan proses sains sebesar 22,10 lebih besar dari ttabel yaitu 1,67 dengan taraf signifikasi 5%, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSudibyo, Mufti196008161988031005
Call Number: SK-2016 BIO 195
Keywords: Model Inkuiri Terbimbing; Kemampuan Berpikir Kritis; Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20654

Actions (login required)

View Item View Item