UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM KECAMATAN LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Hutabalian, Kalson (2016) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM KECAMATAN LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Lembar Persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Abstrak.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Daftar tabel.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Daftar Grafik.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilanan menulis narasi Melalui Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan menulis narasi, observasi proses pembelajaran. Analisis data untuk melihat adanya peningkatan keterampilan menulis narasi, dan proses pembelajaran yang diolah dengan menggunakan program Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Hal ini diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis narasi siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 72,79 menjadi 76,96. Secara klasikal tingkat ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 64,70% pada siklus I menjadi 94,11% pada siklus II. Proses pembelajaran mengalami peningkatan dari 68,15 pada siklus I menjadi 79,41. Semua indikator proses pembelajaran juga memiliki rerata nilai ≥ 75. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Thesis advisorPanjaitan, Keysar196005311985031001
Call Number: 372.634 Hut u
Keywords: Keterampilan menulis; Menulis narasi; Gagasan tulisan; Program CIRC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20165

Actions (login required)

View Item View Item