PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF DAN KONSEP DIRI TERHADAP PEROLEHAN PENGETAHUAN ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK YAYASAN PERGURUAN KRISTEN METHODIST INDONESIA BERASTAGI

Ginting, Meta Br. (2016) PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF DAN KONSEP DIRI TERHADAP PEROLEHAN PENGETAHUAN ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK YAYASAN PERGURUAN KRISTEN METHODIST INDONESIA BERASTAGI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146182028 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146182028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146182028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146182028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146182028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146182028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146182028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146182028 BAB I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146182028 BAB V.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146182028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan perolehan pengetahuan melalui bermain konstruktif secara individual dibandingkan dengan anak yang bermain konstruktif secara berkelompok; (2) Perbedaan perolehan pengetahuan anak yang memiliki konsep diri positif dibandingkan dengan anak yang memiliki konsep diri negatif ; (3) Interaksi antara bermain konstruktif dengan konsep diri terhadap perolehan pengetahuan anak. Penelitian dilakukan di TK YPKMI Berastagi. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2. Teknik analisis data menggunakan uji Friedman Two Way Anova dan uji interaksi dengan uji Bredenkamp pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perolehan pengetahuan anak yang bermain konstruktif secara individual berbeda dengan perolehan pengetahuan anak yang bermain konstruktif secara berkelompok 〖dengan nilai X〗^(2 ) hitung=14,26 ˃ X^2 tabel = 3,84; (2) Perolehan pengetahuan anak yang memiliki konsep diri positif berbeda dengan anak yang memiliki konsep diri negatif dengan nilai X^(2 ) hitung=6,6 ˃ X^2 tabel = 3,84; (3) Terdapat interaksi antara bermain konstruktif yang dilakukan secara individual atau berkelompok dan konsep diri positif atau negatif terhadap perolehan pengetahuan anak dengan nilai X2 hitung = 0,47 ˃ X2 tabel = 3,84.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYus, Anita196212121986012001
Thesis advisorMilfayetti, Sri196212121986012001
Call Number: 372.218 Gin p
Keywords: Pengetahuan anak TK; Diri anak TK; Bermain konstruktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LC Special aspects of education > LC361 Christian education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Sep 2016 04:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19970

Actions (login required)

View Item View Item