PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Samirah (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146182048 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146182048 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146182048 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146182048 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146182048 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146182048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146182048  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146182048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146182048 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146182048 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146182048 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146182048 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146182048 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146182048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146182048 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146182048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8146182048  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8146182048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146182048 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146182048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8146182048 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8146182048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction); dan apakah kemampuan kognitif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction). Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan rancangan Random Pretest Postest Desain. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim, yaitu populasi 3 kelas berjumlah 128 orang sedangkan sampel 2 kelas berjumlah 88 orang. Instrumen yang digunakan yaitu observasi keterampilan proses sains dan tes kemampuan kognitif. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction). Hal tersebut berdasarkan perolehan nilai rata-rata 89,85 pada pembelajaran Discovery lebih besar daripada pembelajaran langsung (Direct Instruction) dengan perolehan nilai rata-rata 82,95; dan (2) Kemampuan kognitif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction). Hal tersebut berdasarkan perolehan nilai rata-rata 78,27 pada pembelajaran Discovery lebih besar daripada pembelajaran langsung (Direct Instruction) dengan perolehan nilai rata-rata70,27.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.35 Sam p
Keywords: Hakikat pembelajaran; Teori belajar; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Sep 2016 04:19
Last Modified: 20 Sep 2016 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19655

Actions (login required)

View Item
View Item