HUBUNGAN PENGETAHUAN TEORI WARNA DENGAN PRAKTEK MAKE UP PANGGUNG PADA SISWA KELAS XII TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR

Febrina, Rany (2014) HUBUNGAN PENGETAHUAN TEORI WARNA DENGAN PRAKTEK MAKE UP PANGGUNG PADA SISWA KELAS XII TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Teori Warna Dengan Praktek Make Up Panggung Pada Siswa SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengetahuan teori warna dengan praktek make up panggung. Populasi yang di ambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 3 Pematang Siantar sebanyak 30 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 30 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Total Sampling. Jenis penelitian yang diangkat merupakan jenis penilitian Deskriptif Korelasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Tes pengetahuan teori warna (X), sedangkan Pengamatan untuk menjaring data hasil praktek make up panggung (Y). Tes dan lembar pengamatan yang disusun oleh peneliti terlebih dahulu diuji coba, tes disusun sebanyak 40 butir yang hasil dari pada uji coba tersebut menunjukkan bahwa, dari 40 soal, 35 soal tes dinyatakan valid dan 5 soal dinyatakan tidak valid. Dengan indeks reliabilitas 0,850 (kategori tinggi). Untuk pengambilan data Y, yang berupa pengamatan, peneliti didampingi oleh 3 pengamat, yaitu 1 orang dosen Prodi Tata Rias UNIMED, 2 orang guru mata pelajaran make up panggung SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh tiga orang pengamat tidak terdapat perbedaan dalam hal penilaian diantara ketiga pengamat tersebut dimana F_(o ) < F_(t ) yaitu, 0,16 < 2,47. Berdasarkan hasil penelitian untuk pengetahuan teori warna (X) termasuk kategori tinggi ini dapat dilihat bahwa dari 30 jumlah sampel 70% terdapat dalam kategori tinggi. Untuk praktek make up panggung (Y) dari 30 sampel 87% yang termasuk dalam kategori cukup. Hasil uji hipotesis penelitian dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dengan nilai r_(hitung )> r_(tabel ) ( 0,97 > 0,361) pada taraf signifikan 5%, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pengetahuan Teori Warna Dengan Praktek Make Up Panggung Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan teori warna merupakan salah satu faktor pendukung hasil belajar pada praktek make up panggung, sehingga dapat meningkatkan mutu dan keterampilan siswa .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTobing, Marnala195906011997032001
Call Number: 646.720 719 Feb h
Keywords: Pengetahuan Warna; Harmoni; Rias Wajah Panggung; Kosmetik; Make Up Panggung
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19207

Actions (login required)

View Item View Item