PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL FISIKA PADA TINGKAT SMP POKOK BAHASAN CAHAYA

Maris, Syariva (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL FISIKA PADA TINGKAT SMP POKOK BAHASAN CAHAYA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. TABLES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa pada materi cahaya. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di MTs.Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 15 item dan lembar observasi afektif serta keterampilan. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 12,24 dan kelas kontrol adalah 9,96 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 42,90 dan kelas kontrol adalah 35,03. Peningkatan hasil belajar pengetahuan konseptual sebesar 22,46 %. Berdasarkan hasil observasi didapatkan rata-rata afektif siswa 2,17 dalam kategori baik sekali sedangkan rata-rata keterampilan siswa 1,91 dalam kategori baik. Hasil uji hipotesis dengan uji t dengan thitung > ttabel ( 2,2208 > 1,6697) menunjukkan hasil belajar pengetahuan konseptual fisika dengan model kooperatif tipe GI lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahyar, 196004261985031003
Call Number: SK-2016 FIS 053
Keywords: Group Investigation; Pengetahuan Konseptual; Cahaya
Subjects: Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Aug 2016 06:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12691

Actions (login required)

View Item View Item