Pratiwi, Indah (2012) PENERAPAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 071244110021 cover indah Pratiwi.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 071244110021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
3 071244110021 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4 071244110021 abstrak.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
5 071244110021 daftar isi.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
10 071244110021 bab 1.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
11 071244110021 bab 5.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
12 071244110021DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13 071244110021 riwayat hidup.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2012/2013 melalui penerapan pendekatan CTL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menerapkan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.Data penelitian dikumpulkan dengan mengguunakan tes (pre test, post test I, dan post test II) dan observasi. Tes yang diberikan sebanyak 5 soal dan telah divalidkan oleh 3 orang validator.Dari hasil pre test didapat hasil belajar siswa dengan rata-rata 36,6667 yang jauh dibawah nilai ketuntasan yaitu 0%. Pada tes hasil belajar siklus I (post test I) diperoleh rata-rata 69,3939 dan terdapat 9 siswa dari 33 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan ketuntasan klasikal 72,73%. Ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 32,7272 dan peningkatan ketuntasan sebesar 72,73% dari pre test yang dilaksanakan. Karena tingkat ketuntasan klasikal belum tercapai maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil belajar (post test II) dengan rata-rata 76,9696 dengan 4 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dan tingkat ketuntasan klasikal 87,88%, yang berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 7,5757 dan peningkatan ketuntasan sebesar 15,15%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2012/2013 sehingga pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Pra p |
Keywords: | Pembelajaran; Konstektual; Bilangan; Bulat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9865 |