Harahap, Dela Sari (2012) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII MTS SWASTA YAPNI LUBUK PAKAM T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244110003 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
081244110003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
081244110003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
081244110003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
081244110003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
081244110003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
081244110003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
081244110003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
081244110003 BAB I.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
081244110003 BAB V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
081244110003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa kelas VIII MTs Swasta YAPNI Lubuk Pakam dalam memahami relasi dan fungsi pada saat proses pembelajaran dan untuk mengetahui upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas VIII MTs Swasta YAPNI Lubuk Pakam melalui pendekatan Reciprocal Teaching.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Swasta YAPNI Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep. Untuk memperolah data dalam penelitian ini digunakan Tes Pemahaman Konsep I dan Tes Pemahaman Konsep II yang berbentuk uraian. Tes Pemahaman Konsep I berjumlah 6 soal dan Tes Pemahaman Konsep II berjumlah 6 soal. Penelitian ini menggunakan lembar pengamatan (observasi) sebanyak dua kali pertemuan. Sebelum tes diberikan terlebih dahulu divalidasi dengan bantuan tiga orang validator yang merupakan pakar dalam pendidikan matematika.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh : (1) hasil Tes Pemahaman Konsep terjadi peningkatan per indikator pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II yaitu indikator pertama yakni menyatakan ulang konsep terjadi peningkatan sebesar 13,34%, indikator kedua yaitu mengklarifikasi objek berdasarkan pada sifat-sifat tertentu terjadi peningkatan sebesar 16,67%, indikator ketiga yaitu memberikan contoh dan non contoh dari konsep terjadi peningkatan sebesar 24,34%, indikator keempat yaitu menyatakan konsep dalam berbagai bentuk refresentasi matematis terjadi peningkatan sebesar 40%, indikator kelima yaitu mengembangkan syarat perlu atau syarat khusus suatu konsep terjadi peningkatan sebesar 36,67%, indikator keenam yaitu menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu terjadi peningkatan sebesar 36,67%, dan indikator ketujuh yaitu mengaplikasikan konsep atau algoritma penyelesaian masalah terjadi peningkatan sebesar 36,67%. (2) hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran relasi dan fungsi dengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching berjalan dengan sangat baik.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa upaya pembelajaran pada pokok bahasan relasi dan fungsi dengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Har u |
Keywords: | Tes; Data;Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9859 |