Sormin, Rumiong (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN TP 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121086 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
408121086 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
408121086 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
408121086 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408121086 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408121086 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
408121086 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408121086 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408121086 BAB I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
408121086 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
408121086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408121086 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN
KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS
KELAS X SEMESTER 1 DI SMA NEGERI 9
MEDAN T.P 2011/2012
Rumiong Sormin (408121086)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa yang
diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok Listrik
Dinamis di kelas X SMA Negeri 9 Medan T.P 2011/2012. 2) Mengetahui hasil
belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Peningkatan Kemampuan
Berpikir pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 9 Medan T.P
2011/2012. 3) Mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa selama proses
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Peningkatan
Kemampuan Berpikir pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri
9 Medan T.P 2011/2012. 4) Mengetahui bagaimana pengaruh hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada
materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 9 Medan T.P 2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan yang terdiri dari 6
kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang
untuk kelas kontrol. Sebelum pembelajaran diberikan terlebih dahulu dilakukan
pretes kepada kedua kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah tes hasil belajar pada materi pokok Listrik Dinamis dalam
bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan
jawaban telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah
lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Peningkatan
Kemampuan Berpikir.
Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 38,00 dan
pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 38,33. Setelah dilakukan
perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas
eksperimen dengan model pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir
sebesar 77,83 sedangkan siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan
pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 66,17. Ratarata
nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan model
pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir adalah 67,32% termasuk
kategori cukup aktif. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05
diperoleh hitung t = 5,348 dan tabel t = 1,671. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha)
diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada
materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P
2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sor p |
Keywords: | Arus Kuat; Hukum Ohm; Energi; Daya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9836 |