Purba, Yemima (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 20 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1._NIM. 4123121085_COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2._NIM. 4123121085_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3._NIM. 4123121085_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4._NIM. 4123121085_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5._NIM. 4123121085_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6._NIM. 4123121085_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7._NIM. 4123121085_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8._NIM. 4123121085_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9._NIM. 4123121085_BAB I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13._NIM. 4123121085_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14._NIM.4123121085_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di Kelas XI Semester II SMA Negeri 20 Medan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (cluster random sampling) dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas, yaitu kelas XI MS-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas XI MS-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal serta aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi aktivitas. Penilaian sikap serta keterampilan siswa juga menggunakan lembar pedoman observasi sikap dan keterampilan siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol. Aktivitas siswa serta sikap dan keterampilan siswa dikelas eksperimen lebih baik dibandingkan pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 20 Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 090 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar; Aktivitas; Sikap; Keterampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 09:18 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9796 |