Nandani, Maya (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 2 KISARAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4122121011 Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4122121011APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
3. NIM. 4122121011 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4. NIM. 4122121011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. NIM. 4122121011PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM. 4122121011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM. 4122121011 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 4122121011 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM. 4122121011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
10. NIM. 4122121011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
14. NIM. 4122121011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
15. NIM. 4122121011 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan Macromedia flash, untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui aktivitas siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan Macromedia flash, untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan Macromedia flash terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Fluida Dinamis kelas XI semester II SMA Negeri 2 Kisaran T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas XI semester II sebanyak 6 kelas SMA Negeri 2 Kisaran. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas XI IA 3 yang berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol adalah kelas XI IA 5 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi siswa, tes belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan lima option jawaban yang sebelumnnya telah divalidkan.
Sebelum diberikan perlakuan diadakan pretes terlebih dahulu dengan hasil kemampuan kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan Macromedia flash dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran di kelas eksperimen aktivitas belajar siswa meningkat, yaitu pertemuan I kurang aktif, pertemuan II cukup aktif, dan pada pertemuan III aktif. Dan di akhir pembelajaran diberikan postes. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dan diperoleh thitung = 4,862 > ttabel = 1,997, maka Ha diterima dan dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan Macromedia flash terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Fluida Dinamis kelas XI semester II SMA Negeri 2 Kisaran T.P. 2015/2016.
Kata kunci: Kooperatif tipe Group Investigation
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 054 |
Keywords: | Kooperatif tipe Group Investigation (GI); hasil belajar; Macromedia Flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 09:02 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9795 |