Zukri, Rahimah Ulfah Akmal (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA YAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121053 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 4123121053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM 4123121053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 4123121053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM 4123121053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM 4123121053 TABLES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM 4123121053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8. NIM 4123121053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
9. NIM 4123121053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
13. NIM 4123121053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM 4123121053 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X Semester II SMA Yayasan Perguruan Al-Hidayah Medan T.P. 2015/ 2016.
Jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain two group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Yayasan Perguruan Al-Hidayah Medan T.P. 2015 / 2016. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa test pilihan ganda sebanyak 20 soal.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data menggunakan uji kesamaan rata-rata pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pengujian data pretes kedua kelas menunjukkan bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang normal dan homogen. Hasil uji t data pretes diperoleh bahwa kemampuan awal siswa pada kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas control. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes kepada kedua kelas dan dari hasil uji hipotesis data postes dengan uji t satu pihak diperoleh bahwa hipotesis diterima. Hasil pengujian hipotesis ini menunjukkan hasil belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis kelas X Semester II SMA Yayasan Perguruan Al-Hidayah Medan T.P. 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 071 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry); Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9791 |