PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 BINJAI T.P. 2015/2016

Pratama, Rizki Rino (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 BINJAI T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123321044 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123321044 Cover.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123321044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123321044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123321044 RIWYT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123321044 RIWYT HIDUP.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123321044 Abstrack.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123321044 Abstrack.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123321044 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123321044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123321044 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123321044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123321044 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123321044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123321044 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123321044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4123321044 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4123321044 BAB I.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123321044 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123321044 BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123321044 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4123321044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 4 Binjai yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X 5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: (1) Tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 9 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator, (2) Lembar observasi adversity qoutient yang terdiri atas 20 soal yang telah valid dan (3) Lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji ANAVA Dua Jalur 2X2. Pada desain penelitian ini digunakan pembagian adversity qoutient tinggi dan adversity qoutient rendah. Hasil uji hipotesis mengunakan ANAVA dengan SPSS 16.0 diperoleh model pembelajaran berbasis masalah memiliki hasil belajar fisika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional, siswa yang memiliki adversity qoutient tinggi memiliki hasil belajar fisika yang lebih baik dari siswa yang memiliki adversity qoutient rendah serta tidak ada hubungan antara model dengan adversity quotient, dapat diartikan bahwa adversity qoutient berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar fisika dalam model pembelajaran berbasis masalah dan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 068
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL); Adversity Qoutient
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Aug 2016 08:20
Last Modified: 12 Aug 2016 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9789

Actions (login required)

View Item
View Item