Pratama, Rizki Rino (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 BINJAI T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123321044 Cover.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 4123321044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
3. NIM 4123321044 RIWYT HIDUP.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM 4123321044 Abstrack.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM 4123321044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 4123321044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM 4123321044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 4123321044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 4123321044 BAB I.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
14. NIM 4123321044 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM 4123321044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 4 Binjai yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X 5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: (1) Tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 9 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator, (2) Lembar observasi adversity qoutient yang terdiri atas 20 soal yang telah valid dan (3) Lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji ANAVA Dua Jalur 2X2. Pada desain penelitian ini digunakan pembagian adversity qoutient tinggi dan adversity qoutient rendah. Hasil uji hipotesis mengunakan ANAVA dengan SPSS 16.0 diperoleh model pembelajaran berbasis masalah memiliki hasil belajar fisika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional, siswa yang memiliki adversity qoutient tinggi memiliki hasil belajar fisika yang lebih baik dari siswa yang memiliki adversity qoutient rendah serta tidak ada hubungan antara model dengan adversity quotient, dapat diartikan bahwa adversity qoutient berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar fisika dalam model pembelajaran berbasis masalah dan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 068 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL); Adversity Qoutient |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 08:20 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9789 |