Manurung, David Patar (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121009 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4123121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
3. NIM. 4123121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4. NIM. 4123121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
5. NIM. 4123121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
6. NIM. 4123121009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
7. NIM. 4123121009 TABLE.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
8. NIM. 4123121009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
9. NIM. 4123121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
13. NIM. 4123121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
14. NIM. 4123121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X
semester genap SMA Negeri 11 Medan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa
kelas X SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini
terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu
kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran
inquiry training dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan
pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada
dua, yaitu instrumen pertama tes hasil belajar dalam bentuk soal essay test yang
telah divalidasi sebelumnya oleh 3 orang validator dan instrumen kedua observasi
aktivitas belajar siswa.
Dari hasil penelitian sebelum pembelajaran dilakukan diperoleh data nilai
rata-rata pretes kelas eksperimen 22,80 dan pada kelas kontrol doperoleh nilai
rata-rata pretes 26,00. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas
diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 75,60 dan rata-rata
postes kelas kontrol sebesar 62,18. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung
> ttabel yaitu 5,669 > 1,667 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil pengamatan
observer diperoleh rata-rata peningkatan aktivitas n-gain siswa cukup baik dari
pertemuan I ke pertemuan II sebesar 0,58 dengan kategori sedang dan dari
pertemuan II ke pertemuan III sebesar 0,86 dengan kategori tinggi. Hal ini berarti
Ha diterima, yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model
pembelajaran inquriry training terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik
dinamis di kelas X semester genap SMA Negeri 11 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 107 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry Training; Pembelajaran Konvensional; Aktivitas; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 08:10 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9787 |