PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER II SMA SWASTA BINTANG TIMUR 1 BALIGE T.P 2015/2016

Hutapea, Sondang Elfrida (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER II SMA SWASTA BINTANG TIMUR 1 BALIGE T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 4122121020 Cover Skripsi.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 4122121020 Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 4122121020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 4122121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 4122121020 ABSTRAC ID.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 4122121020 ABSTRAC ID.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 4122121020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 4122121020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 4122121020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 4122121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 4122121020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 4122121020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 4122121020 TABLES.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 4122121020 TABLES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 4122121020 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 4122121020 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 4122121020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 4122121020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 4122121020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 4122121020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 4122121020 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 4122121020 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning menggunakan media animasi untuk meningkatkan hasil belajar fisika
siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige
T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two
Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI
IA SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige. Pengambilan sampel dilakukan dengan
cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI IA 1
sebagai kelas kontrol dan kelas XI IA 2 sebagai kelas eksperimen dengan masingmasing
berjumlah 42 orang dan 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk tes uraian dengan
jumlah 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar penilaian afektif serta
psikomotorik siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh
rata-rata persentase afektif dan psikomotorik masing-masing termasuk dalam
sangat baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase afektif dan
psikomotorik masing-masing temasuk dalam kategori baik. Hipotesis diuji dengan
uji beda (uji t), setelah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian
diperoleh bahwa hasil belajar siswa akibat pengaruh model Problem Based
Learning menggunakan media animasi lebih baik pada materi fluida statis di kelas
XI semester II SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 038
Keywords: Problem Based Learning; Hasil Belajar; Animasi Macromedia Flash
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Aug 2016 04:41
Last Modified: 12 Aug 2016 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9783

Actions (login required)

View Item
View Item