PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PALIPI T.P 2015/2016

Pasaribu, Mustika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PALIPI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 4122121013 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 4122121013 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4122121013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4122121013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4122121013 ABSTRAC ID.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4122121013 ABSTRAC ID.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 4122121013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 4122121013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 4122121013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 4122121013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 4122121013 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 4122121013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 4122121013 TABLES.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 4122121013 TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 4122121013 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 4122121013 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 4122121013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 4122121013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 4122121013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 4122121013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 4122121013 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 4122121013 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di
kelas XI SMA Negeri 1 Palipi TP. 2015/2016. Penelitian ini juga bertujuan untuk
mengetahui aktivitas siswa dalam bidang keterampilan sosial.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Palipi yang terdiri dari 6
kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan
mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen
dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan kelas
kontrol berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah
20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran
Kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional.
Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu
nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 41 dengan standar deviasi 9,93 dan nilai ratarata
pretest kelas kontrol 39,80 dengan standar deviasi 10,63. Pada pengujian data
pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan
homogen. Hasil uji t pretest diperoleh -1,9967 < 0,4777 < 1,9967, maka Ho diterima
artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan
perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD
dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Selama proses
pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 73,51 dengan kategori nilai
Aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postest dengan hasil rata-rata
kelas eksperimen 77,58 dengan standar deviasi 9,24 dan kelas kontrol 66,38 dengan
standar deviasi 9,92. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postest
diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil
pengolahan data postest diperoleh bahwa thitung = 4,9518 > ttabel =1,9967, sehingga
maka Ha diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI semester
Genap SMA Negeri 1 Palipi TP. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 047
Keywords: keterampilan Sosial; Pembelajaran Fisika; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Aug 2016 04:13
Last Modified: 12 Aug 2016 04:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9779

Actions (login required)

View Item
View Item