Pasaribu, Mustika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PALIPI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4122121013 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2 NIM 4122121013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3 NIM 4122121013 ABSTRAC ID.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4 NIM. 4122121013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5 NIM. 4122121013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6 NIM. 4122121013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7 NIM. 4122121013 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8 NIM. 4122121013 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
9 NIM. 4122121013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
13 NIM. 4122121013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14 NIM. 4122121013 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di
kelas XI SMA Negeri 1 Palipi TP. 2015/2016. Penelitian ini juga bertujuan untuk
mengetahui aktivitas siswa dalam bidang keterampilan sosial.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Palipi yang terdiri dari 6
kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan
mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen
dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan kelas
kontrol berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah
20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran
Kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional.
Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu
nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 41 dengan standar deviasi 9,93 dan nilai ratarata
pretest kelas kontrol 39,80 dengan standar deviasi 10,63. Pada pengujian data
pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan
homogen. Hasil uji t pretest diperoleh -1,9967 < 0,4777 < 1,9967, maka Ho diterima
artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan
perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD
dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Selama proses
pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 73,51 dengan kategori nilai
Aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postest dengan hasil rata-rata
kelas eksperimen 77,58 dengan standar deviasi 9,24 dan kelas kontrol 66,38 dengan
standar deviasi 9,92. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postest
diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil
pengolahan data postest diperoleh bahwa thitung = 4,9518 > ttabel =1,9967, sehingga
maka Ha diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI semester
Genap SMA Negeri 1 Palipi TP. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 047 |
Keywords: | keterampilan Sosial; Pembelajaran Fisika; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9779 |