Nababan, Evani Doana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 RAYA T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121017 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM. 4123121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. NIM. 4123121017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 4123121017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 4123121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
6. NIM. 4123121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM. 4123121017 TABLE.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
8. NIM. 4123121017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
9. NIM. 4123121017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
13. NIM. 4123121017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
14. NIM. 4123121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Raya T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain control two group pretes-postes. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tujuh kelas yaitu kelas X MAI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-5 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam ranah kognitif berbentuk uraian yang terdiri dari 8 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas, sikap dan keterampilan.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 34,9 dan kelas kontrol dengan rata-rata 33,1. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET sebesar 68,5 sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 61,1. Perkembangan aktivitas di kelas eksperimen diperoleh rata-rata dengan kategori sangat aktif, dan keterampilan siswa termasuk dalam kategori sangat baik serta perkembangan sikap siswa pada kategori baik. Sedangkan di kelas kontrol diperoleh rata-rata perkembangan aktivitas dalam kategori aktif dan perkembangan sikap siswa termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang penerapan model pembelajaran inquiry training berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Raya T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 078 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry Training; Hasil Belajar; Aktivitas; Phet. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 02:25 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9763 |