PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAJARAN FISIKA

Muliati, Sri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123321050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123321050 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123321050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123321050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123321050 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123321050 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123321050 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123321050 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123321050 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123321050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123321050 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123321050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123321050 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123321050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123321050 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123321050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123321050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123321050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4123321050 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4123321050 BAB I.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123321050 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123321050 BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123321050 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4123321050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran inquiry training terhadap KPS siswa lebih
tinggi daripada pembelajaran konvensional pada materi Suhu dan Kalor di kelas X
Semester II di SMAN 4 Kisaran Kabupaten Asahan T.A. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMAN 4 Kisaran yang terdiri
dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-4 (kelas
eksperimen) berjumlah 30 siswa dan kelas X-3 (kelas kontrol) yang berjumlah 32
siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu teknik
pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan
strata yang ada dalam populasi itu. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda,
kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol
dengan pembelajaran konvensional. Penilaian yang digunakan adalah penilaian
KPS siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes esai,
jumlah soal 7 item yang telah divalidkan oleh validator dan juga di validitas
ramalan pada kelas X SMA SWASTA DIPONEGORO Kisaran yang telah
mempelajari materi Suhu dan Kalor.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
adalah 49,94 dan kelas kontrol adalah 48,03, setelah pembelajaran selesai
diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 88,57 dan kelas kontrol
66,08. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 11,09 sedangkan ttabel = 1,67. Karena
thitung > ttabel (11,09>1,67) maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil
signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran inquiry training
terhadap KPS siswa lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan
pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 091
Keywords: Kuasi Eksperimen; Model Pembelajaran Inquiry Training; Pembelajaran Konvensional; Keterampilan Proses Sains
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Aug 2016 02:12
Last Modified: 12 Aug 2016 02:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9759

Actions (login required)

View Item
View Item