Muliati, Sri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123321050 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4123321050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM 4123321050 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. NIM 4123321050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
5. NIM 4123321050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM 4123321050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 4123321050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4123321050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4123321050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 4123321050 BAB I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
14. NIM 4123321050 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NIM 4123321050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran inquiry training terhadap KPS siswa lebih
tinggi daripada pembelajaran konvensional pada materi Suhu dan Kalor di kelas X
Semester II di SMAN 4 Kisaran Kabupaten Asahan T.A. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMAN 4 Kisaran yang terdiri
dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-4 (kelas
eksperimen) berjumlah 30 siswa dan kelas X-3 (kelas kontrol) yang berjumlah 32
siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu teknik
pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan
strata yang ada dalam populasi itu. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda,
kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol
dengan pembelajaran konvensional. Penilaian yang digunakan adalah penilaian
KPS siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes esai,
jumlah soal 7 item yang telah divalidkan oleh validator dan juga di validitas
ramalan pada kelas X SMA SWASTA DIPONEGORO Kisaran yang telah
mempelajari materi Suhu dan Kalor.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
adalah 49,94 dan kelas kontrol adalah 48,03, setelah pembelajaran selesai
diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 88,57 dan kelas kontrol
66,08. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 11,09 sedangkan ttabel = 1,67. Karena
thitung > ttabel (11,09>1,67) maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil
signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran inquiry training
terhadap KPS siswa lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan
pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 091 |
Keywords: | Kuasi Eksperimen; Model Pembelajaran Inquiry Training; Pembelajaran Konvensional; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 02:12 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9759 |