Shiddiqy, Abdul Ra’uf Ash (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121001 COVER.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
2. NIM 4123121001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM 4123121001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM. 4123121001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM 4123121001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
6. NIM 4123121001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4123121001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM 4123121001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4123121001 BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
13. NIM. 4123121001 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 4123121001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara classter random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas Kontrol dengan masing-masing berjumlah 32 orang dan 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk essay tes dengan jumlah 12 soal yang sudah divalidasi dan lembar penilaian aktivitias, afektif serta psikomotorik siswa. Berdasarkan hasil perhitungan N-gain aktivitas siswa diperoleh hasil observasi aktivitas siswa dikelas eksperimen memiliki peningkatan yang signifikan daripada aktivitas siswa dikelas kontrol. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media animasi memiliki peningkatan yang signifikan daripada hasil belajar siswa yang diterapkan model konvensional pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 097 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar; Animasi Macromedia Flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 02:05 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9758 |