Pulungan, Nurul Hidayah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121045 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 412312145 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3. NIM 4123121045 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM 4123121045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 4123121045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM 4123121045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7. NIM 412312145 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM 4123121045 TABLES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
9. NIM 4123121045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 4123121045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
14.NIM 4123121045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
15. NIM 4123121045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu praktikum lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 2 Tebing Tinggi yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X Mia-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mia-1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar penilaian sikap dan lembar penilaian keterampilan. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang telah divalidkan oleh validator kemudian di uji cobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal.
Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis praktikum adalah 78 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 72,16. Persentase skor rata-rata sikap siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis praktikum meningkat dari pertemuan I adalah 55,12%, pertemuan II adalah 60,67% dan pertemuan III adalah 67,92%. Peningkatan keterampilan siswa pada pertemuan I adalah 56,75%, pertemuan II adalah 63,15% dan pertemuan III adalah 70,72%. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, Hasil belajar Fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 045 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Kooperatif Tipe NHT; Konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 04:52 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9747 |