Simarmata, Melisa (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI DI SMA SWASTA BINTANG TIMUR 1 BALIGE T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 4122121012 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
02. 4122121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
03. 4122121012 ABSTRAC ID.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
04. 4122121012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
05. 4122121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
06. 4122121012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
07. 4122121012 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
08. 4122121012 TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
09. 4122121012 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
11. 4122121012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
15. 4122121012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. 4122121012 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI di SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas XI IA-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang dan XI IA-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 35,9 dan kelas kontrol 33,4. Pada pengujian normalitas dan homogenitas kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji t dua pihak nilai kedua kelas untuk pretes diperoleh thitung= 0,89 dan ttabel = 1,994 karena thitung<ttabel, maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas sampel sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan, dilakukan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 74,9 dan kelas kontrol 65,1. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data postes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji t satu pihak kedua kelas diperoleh thitung= 5,32 dan ttabel= 2,00 untuk = 0,05. Karena thitung> ttabel maka Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI di SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 037 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI; Model Pembelajaran Langsung; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 04:15 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9737 |