PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P. 2015/2016

Pardede, Wita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123121084_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123121084_COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123121084_LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123121084_LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123121084_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123121084_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123121084 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123121084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123121084_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123121084_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123121084_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123121084_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123121084_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123121084_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123121084_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123121084_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123121084_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123121084_BAB I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123121084_BAB  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123121084_BAB V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123121084_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123121084_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Semester II yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 30 orang. Data penelitian ada dua macam, yaitu dalam bentuk keterampilan proses sains siswa dan observasi aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa adalah soal-soal keterampilan proses sains yang berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test.
Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 42,43 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 40,76. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,02 dan Ftabel = 1,893 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan, diperoleh postest dengan nilai rata-rata postest kelas eksperimen = 80,33 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 72,50. Dari hasil pengolahan data postes melalui uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,79 dan ttabel = 1,671, sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima, yakni ada pengaruh signifikan dari model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 112
Keywords: Keterampilan proses sains siswa; Inkuiri terbimbing; Aktivitas siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 04:00
Last Modified: 11 Aug 2016 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9729

Actions (login required)

View Item
View Item