Lasmita, Shinta Surya (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN ANIMASI PHET TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4121121027 COVER.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
2. NIM.4121121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
3. NIM 4121121027 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 4121121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 4121121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
6.NIM. 412121027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 4121121027 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 4121121027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM. 4121121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
13. NIM 4121121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 4121121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing berbantuan animasi PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 batang Kuis T.P. 2015 / 2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas XI-IPA3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen tes hasil belajar berupa Essay test sebanyak 10 soal. Yang telah di validasi oleh validator serta uji ramalan. Data penelitian diperoleh dari Tes Hasil Belajar, Lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap, keterampilan dan aktivitas. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap, keterampilan dan aktivitas masing-masing dalam kategori baik dan juga di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap dan aktivitas dalam kategori baik.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 25,82 dan kelas kontrol adalah 22,38. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 79,05 dan kelas kontrol 72,08. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,55 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel (2,55>1,67) maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi PhET lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 060 |
Keywords: | Model Inkuiri Terbimbing; hasil belajar; Konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 03:28 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9728 |