Annisa, Juwairiah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLITERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
02. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
03. CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
04. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
05. PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
06. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
07. ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
14. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
15. BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) menggunakan media permainan monopoliterhadap hasil belajar fisika siswa pada materi fluida statis.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian control group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuala Kabupaten Langkat dengan teknik pengambilan sampel secara cluster sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimendan kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrolyang masing-masing berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan adalah tes uraian berjumlah 10 soal.
Data penelitian yaitu dalam bentuk hasil belajar. Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Dengan data yang sudah terdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 33 dan kelas kontrol adalah 30,79. Dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 71,73 dan kelas kontrol 48,84.
Hasil uji t satu pihak Ha diterima thitung > ttabel (13,39 >1,686), maka kesimpulan dari hasil uji t ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar pada materi fluida statis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 052 |
Keywords: | Teams Games Tournament; Monopoli; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 03:15 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9726 |