Manik, Febrianto (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4123131033 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM.4123131033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM.4123131033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4. NIM.4123131033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM.4123131033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM.4123131033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM.4123131033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM.4123131033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
10. NIM.4123131033 BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13. NIM.4123131033 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM.4123131033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model Problem Based Learning
dengan media komputer untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa
SMA Kelas XI IPA pada pokok bahasan hidrolisis garam. Peneltian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk pretest-posstest control group
design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA SMA Negeri 1
Simanindo T.A 2015/206 dengan jumlah 116 siswa. Sampel diambil dengan
teknik modifikasi cluster random sampling yaitu 29 siswa kelas XI IPA 1 sebagai
kelas kontrol dan 27 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes (hasil belajar) dan non-tes (observasi
karakter kreativitas siswa) yang telah distandarisasi. Kelas eksperimen
dibelajarkan mengunakan model Problem Based Learning dengan media
komputer sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran
langsung. Teknik analisis data menggunakan uji statistik-t pada taraf signifikan
( 0,05) dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar kimia yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan
media komputer lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan
model Problem Based Learning dengan media komputer lebih tinggi daripada kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung; Adanya korelasi antara kreativitas siswa dengan hasil belajar kimia siswa sebesar
0,449.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 091 |
Keywords: | Problem Based Learning; Media Komputer; Hasil Belajar, Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 04:33 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9700 |