Firdausyah, Salsabila (2016) PEMBELAJARAN TITRASI ASAM-BASA DENGAN MODEL PROBLEMBASED LEARNING TERINTEGRASI INKUIRITERBIMBING (I-PBL) MELALUI MEDIA VIRTUAL LAB DAN SHARED FOLDERDITINJAU DARI HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122131017 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 4122131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 4122131017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM. 4122131017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 4122131017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6. NIM. 4122131017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM. 4122131017 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM. 4122131017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
9. NIM. 4122131017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM. 4122131017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4122131017 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia dan kemampuan kerjasama siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Inkuiri Terbimbing (I-PBL) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Leraning (PBL) pada pokok bahasan titrasi asam basa dengan media virtual lab dan shared folder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yakni satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Siswa pada kelas kontrol dibelajarkan dengan PBLdan kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran I-PBL. Media virtual lab dan shared folder diberlakukan pada kedua kelas tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ranah afektif dan kognitif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk tes objektif dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi melalui validator ahli, tingkat kesukaran, daya pembeda, validasi butir dan reliabilitas. Untuk ranah afektif digunakan lembar observasi penilaian pengukur kemampuan kerjasama siswa yang sudah dipakai dalam penelitian terdahulu. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar, peningkatan hasil belajar, dan nilai sikap kerjasama siswa kedua sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan α = 0,05. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar dan kemampuan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran I-PBL lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model PBL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 103 |
Keywords: | I-PBL; Virtual Lab; Shared Folder; Asam-Basa; Hasil Belajar; Kerjasama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 04:12 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9695 |