PEMBELAJARAN TITRASI ASAM-BASA DENGAN MODEL PROBLEMBASED LEARNING TERINTEGRASI INKUIRITERBIMBING (I-PBL) MELALUI MEDIA VIRTUAL LAB DAN SHARED FOLDERDITINJAU DARI HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA

Firdausyah, Salsabila (2016) PEMBELAJARAN TITRASI ASAM-BASA DENGAN MODEL PROBLEMBASED LEARNING TERINTEGRASI INKUIRITERBIMBING (I-PBL) MELALUI MEDIA VIRTUAL LAB DAN SHARED FOLDERDITINJAU DARI HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4122131017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4122131017 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4122131017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4122131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4122131017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4122131017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4122131017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4122131017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4122131017 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4122131017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4122131017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4122131017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4122131017 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4122131017 TABLES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4122131017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4122131017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4122131017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4122131017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4122131017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4122131017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4122131017 BIBLIOGRAFI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4122131017 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia dan kemampuan kerjasama siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Inkuiri Terbimbing (I-PBL) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Leraning (PBL) pada pokok bahasan titrasi asam basa dengan media virtual lab dan shared folder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yakni satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Siswa pada kelas kontrol dibelajarkan dengan PBLdan kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran I-PBL. Media virtual lab dan shared folder diberlakukan pada kedua kelas tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ranah afektif dan kognitif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk tes objektif dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi melalui validator ahli, tingkat kesukaran, daya pembeda, validasi butir dan reliabilitas. Untuk ranah afektif digunakan lembar observasi penilaian pengukur kemampuan kerjasama siswa yang sudah dipakai dalam penelitian terdahulu. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar, peningkatan hasil belajar, dan nilai sikap kerjasama siswa kedua sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan α = 0,05. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar dan kemampuan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran I-PBL lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model PBL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 103
Keywords: I-PBL; Virtual Lab; Shared Folder; Asam-Basa; Hasil Belajar; Kerjasama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2016 04:12
Last Modified: 10 Aug 2016 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9695

Actions (login required)

View Item
View Item