Harahap, Abdi Napali (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HANDSTAND DALAM SENAM LANTAI DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310001 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
608310001 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
608310001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
608310001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
608310001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
608310001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
608310001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
608310001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
608310001 BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
608310001 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
608310001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar gerakan handstand pada senam lantai Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah siswa kelas X KI 2 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran Gerakan Handstand dengan menggunakan variasi pembelajaran. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar gerakan handstand. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau tiga kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari hasil belajar tes awal diperoleh sebanyak 8 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (25%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan selebihnya 24 orang siswa (75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 65,10. Belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 17 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (53,12%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 15 orang siswa (46,87%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 68,48. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (3) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 26 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (81,25%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (18,75%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 72.25. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan melalui variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar gerkan handstand dalam senam lantai pada siswa kelas X KI 2 SMK N 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.440 719 Har u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Senam Lantai; Handstand; Variasi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9527 |