Jailani (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ATLETIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311114 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
6103311114 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6103311114 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
6103311114 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6103311114 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6103311114 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
6103311114 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
6103311114 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
6103311114 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6103311114 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6103311114 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Ajaran 2014/2015”. Dari hasil data awal (pre test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMP Negeri 3 Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Ajaran 2014/2015.Dari hasil tes awal dari 30 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 5 orang siswa (16,66%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 25 orang siswa (83,33%) belum memiliki ketuntasan belajar (Tidak Tuntas). Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 58,31%. Sedangkan hasil pada Siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar Atletik Lompat Jauh Gaya Jongkok yaitu 16 orang siswa (53,33%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 14 orang siswa (46,66%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok pada siklus I secara keseluruhan mencapai (68,93%). Pada siklus II yaitu 26 orang siswa (86,66%) siswa yang tuntas belajarnya, dan 4 orang siswa (13,33%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok pada siklus II mencapai (86,66%).Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,69 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 33,33%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Siswa Kelas VII-I SMP Negeri 3 Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Ajaran 2014/2015 dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar Atletik Lompat Jauh Gaya Jongkok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 071 2 Sai u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Atletik; Lompat Jauh; Gaya Jongkok; Media Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9496 |