Manurung, Lisbet Debora (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GULING BELAKANG SENAM LANTAI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP KARYA BAKTI MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311140 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6103311140 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6103311140 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6103311140 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6103311140 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6103311140 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6103311140 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6103311140 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6103311140 BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
6103311140 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6103311140 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar guling belakang dalam senam lantai melalui penggunaan media audiovisual pada siswa kelas VIII SMP Karya Bakti Medan Tahun Ajaran 2014/2015.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka diakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan pembelajaran media audiovisual (pre-test) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual. Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar guling belakang sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media audiovisual (pre-test) diperoleh 5 siswa (17,9%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (82,1%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 51,17. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media audiovisual. (2) dari tes hasil belajar menggunakan media audiovisual disiklus I diperoleh 13 siswa (46,46%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (53,57%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 66. Kemudian dilakukan kembali menggunakan media audiovisual dengan worksheet dan waktu menonton video pembelajaran yang lebih lama. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 25 siswa (89,2%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (10,7%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 81,25. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan proses nilai rata-rata hasil belajara siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui media audiovisual dapat memperbaiki hasil belajar guling belakang pada siswa kelas VIII SMP Karya Bakti Medan Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.440 71 Man u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil belajar; Senam; Media Audivisual |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV460 Gymnastics. Gymnastic exercises |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9465 |