UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELS VIII SMP NEGERI I SIPISPIS KAB SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2013/2014

Santoso, Abdi (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELS VIII SMP NEGERI I SIPISPIS KAB SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 609112001  Cover.pdf]
Preview
Text
609112001 Cover.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 609112001  LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
609112001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[thumbnail of 609112001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
609112001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 609112001 Abstark.pdf]
Preview
Text
609112001 Abstark.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 609112001  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
609112001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 609112001  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
609112001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 609112001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
609112001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 609112001  DAFTAR lampiran.pdf]
Preview
Text
609112001 DAFTAR lampiran.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 609112001  BAB I.pdf]
Preview
Text
609112001 BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 609112001  BAB V.pdf]
Preview
Text
609112001 BAB V.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 609112001  DAFTAR PUSTAK1.pdf]
Preview
Text
609112001 DAFTAR PUSTAK1.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar lompat jauh gaya menggantung dengan pendekatan bermain Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis Kab. Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-A yang menjadi subjek dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang , yaitu 13 siwa laki – laki- dan 8 siswa perempuan yang akan diberikan tindakan melalui penerapan pendekatan bermain terhadap proses belajar lompat jauh gaya menggantung. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain seluruh siswa memiliki tugas yang sama hanya tinngkat kesulitannya berbeda sesuai dengan kemampuan dan daya serap siswa dalam melakukan pembelajaran pada meteri lompat jauh gaya menggantung, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya pada pokok bahasan lompat jauh. Dari hasil analisis data juga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sebanyak 8 siswa yang tuntas 13 siswa tidak tuntas dan tes hasil belajar I sebanyak 13 siswa 8 siswa tidak tuntas,hasilnya masih rendah. Maka perlu dilakukannya perbaikan tindakan untuk siklus II. Kesulitan yang dialami dalam melakukan siklus I adalah siswa belum menguasai tekhnik dalam melakukan lompat jauh gaya menggantung khususnya tekhnik tolakan dan sikap badan diudara. Disiklus II guru lebih meningkatkan dan memotivasi untuk lebih aktif dalam pengulangan tekhnik dasar lompat jauh gaya menggantung khususnya tolakan dan sikap badan diudara, guru juga merubah bentuk pelaksanaan variasi permainan sesuai pada hasil disiklus I.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Dari tes hasil belajar awal diperoleh sebanyak 8 orang siswa yang tuntas dengan nilai rata – rata siswa 67,7 dan persentse ketuntasan klasikalnya 40 % (2) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 13 orang siswa yang tuntas 60%dan 8 orang tidak tuntas 40%dengan nilai rata – rata siswa 67,5 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 60%, dan dikatakan belum tuntas. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 17 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (81%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar, sedangkan 4 orang (19%) masih belum tuntas.Nilai rata-rata hasil belajar setalah dikonfersikan 76,4. Dan peningkatan antara siklus I dan siklus II sebesar 8,9. Dengan ktiteria ketuntasan minimal (KKM)75, dan persentse ketuntasan klasikal (PKK) 80%.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis Kab.Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.432 071 San u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Atletik; Pendekatan Pembelajaran; Pendekatan Bermain
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 29 Aug 2016 01:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9442

Actions (login required)

View Item
View Item