Dhani, M. Rahmat (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII SMP TIARA KECAMATAN BANDAR SETIA TAHUNAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609112047 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
609112047 Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
609112047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
609112047 Abstark.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
609112047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
609112047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
609112047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
609112047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
609112047 Bab 1.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
609112047 BAB 5.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
609112047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar Lari Sprint dengan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Dengan Menggunakan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII SMP Tiara KecamatanBandar Setia Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII yang menjadi subjek dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang akandiberikan tindakan melalui Variasi pembelajaran terhadap proses belajar tLari sprint. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkanbahwa melalui variasi pembelajaran seluruh siswa memiliki tugas yang samahanya tingkat kesulitannya berbeda sesuai dengan kemampuan dan daya serapsiswa dalam melakukan pembelajaran pada materi lari sprint, siswa dapatmeningkatkan hasil belajarnya pada pokok bahasan tolak peluru. Dari hasilanalisis data juga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dari tes awal dan tes hasil belajar I masih rendah. Maka perlu dilakukannya perbaikan tindakan untuk siklus II. Kesulitan yang dialami dalam melakukan siklus I adalah siswa belum menguasai tekhnik dalam melakukan lari sprint khususnya teknik cara teknikstart, teknik berlari, dan teknik memasuki garis finish. Di siklus II guru lebih meningkatkan dan memotivasi untuk lebih aktif dalam pengulanganteknik Larisprint khususnya teknik start, teknik berlari, dan teknik memasuki garis finish. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Dari tes hasil belajar siklus Idiperoleh sebanyak 11 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar(55%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 9 orang siswa (45%)belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 70,42. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 18 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar, sedangkan 2 orang (10%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setalah dikonfersikan 80,42. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Lari Sprint Pada Siswa Kelas VII SMP Tiara Kecamatan Bandar Setia Tahun Ajaran2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.420 71 Dha u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Lari Sprint; Variasi Pembelajaran; Pendekatan Bermain Anak. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9306 |