UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA/I DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS VII SMP NEGERI 43 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Panjaitan, Lestari Udur Manahan (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA/I DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS VII SMP NEGERI 43 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 6101112056 COVER.pdf]
Preview
Text
6101112056 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 6101112056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
6101112056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 6101112056 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
6101112056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 6101112056 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
6101112056 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 6101112056 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6101112056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 6101112056 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6101112056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6101112056 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6101112056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 6101112056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
6101112056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 6101112056 BAB I.pdf]
Preview
Text
6101112056 BAB I.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of 6101112056 BAB V.pdf]
Preview
Text
6101112056 BAB V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 6101112056 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
6101112056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajardan hasil belajar lari sprint dengan menggunakan metode bervariasi pada siswakelas VII SMP N 43 Medan Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMP Negeri 43Medan T.A 2014/2015 dengan jumlah siswa 25 0rang yang terdiri dari 12 laki –laki dan 13 perempuan . Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK ). Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup sebanyak 32 butir sertadilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio , dan angket tersebut divalidasikan kesekolah dan telah valid serta memiliki reliabilitas yang tinggi. Berdasarkan tahap pre test diperoleh bahwa tingkat motivasi belajar dan hasil belajar siswa masih rendah , dimana hasil yang didapat 25 orang siswaterdapat 4 orang siswa atau sebesar 16 % yang kategori baik , 19 cukup atausebesar 76% yang kategori cukup , dan 2 orang siswa atau sebesar 8 % kategoriKurang , serta jika dilihat dari Hasil belajarnya , dalam data awal pelaksanaanhasil belajar lari sprint dari 25 orang siswa terdapat 7 Orang siswa ( 28 % )yang telah mencapai nilai ketuntasan dan18 orang siswa ( 72 % ) belum mencapai nilai ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata hasil belajar 61.Tahap selanjutnya pada siklus I dari 25 orang siswa terdapat I orang siswa atau sebesar 4 % yang kategorisangat baik , 6 orang siswa atau sebesar 24 % yang kategori baik , dan 18 orangsiswa atau sebesar 72% dalam kategori cukup sedangkan hasil belajar nya terdapat 9 orang siswa ( 36 % ) yang telah mencapai nilai ketuntasan . Perubahan peningkatan Motivasi belajar siswa secara keseluruhan masih rendah dapat dilihat ada 7 orang yang memenuhi kriteria atau klasikal sebesar 28% , sedangkan hasil belajarnya 15 (60%) orang yang tuntas dan 10 ( 40 %) orang yang tidak tuntas dengan nilai rata- rata 51. Sedangkan pada siklus II Dari 25 orang siswa terdapat peningkatan sangat baik yaitu ada 5 orang siswa atau sebesar 20% yang memiliki kategori sangat baik , peningkatan kategori baik yaitu 14 orang siswa atau sebesar56 %, dan dalam kategori cukup ada 6 orang siswa atau sebesar 24 %. Perubahanpeningkatan motivasi belajar siswa keseluruhan secara klasikal sudah tinggibahwa ada 19 orang mencapai ketuntasan yaitu sebesar 76 % sedangkan hasilbelajarnya yaitu yang mencapai ketuntasan ada 19 orang siswa (76%) sedangkan yang tidak tuntas yaitu 6 orang siswa atau sebesar 24 % dengan nilai rata – rata 79. Sesuai dengan analisis data mengatakan ketuntasan belajar secara klasikal ≥75% dikatakan berhasil, maka penelitian ini berhasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.420 71 Pan u
Keywords: Belajar; Motivasi; Pendidikan Jasmani; Metode Belajar; Lari Sprint.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 16 Aug 2016 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9300

Actions (login required)

View Item
View Item