Pebriani, Umi Fadillah (2013) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LEMPAR CAKRAMMENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR KOMANDO DENGAN MEDIA MODIFIKASI PADASISWA KELAS VIII SMP SWASTA PTPN IV (PERSERO) KEBUN BUKIT LIMAKABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310228 COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
608310228 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
608310228 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
608310228 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
608310228 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
608310228 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
608310228 daftar gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
608310228 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
608310228 BAB I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
608310228 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
608310228 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan gayamengajar komando dengan media modifikasi dalam meningkatkan hasil belajarlempar cakram pada siswa kelas VIII SMP Swasta PTPN IV (Persero) KebunBukit Lima Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitianini adalah di SMP Swasta PTPN IV (Persero) Kebun Bukit Lima KabupatenSimalungun Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi adalah siswa kelas VIII SMPSwasta PTPN IV (Persero) Kebun Bukit Lima Kabupaten Simalungun yangberjumlah 103 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-3sebanyak 33 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yangterdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan padasiklus I peneliti memberi pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaranlempar cakram, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post-test siklus II. Padainstrumen penelitian ini, lembaran pengamatan test hasil belajar lempar cakramyang digunakan adalah lembar fortopolio.Dengan menggunakan modifikasi alat dapat meningkatkan kemampuanhasil belajar lempar cakram siswa dari mulai pre-test, siklus I hingga pada siklusII. Pada pre-test, terdapat 12 orang siswa (36,36%) yang berhasil dalam mencapaiketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 61,17. Ketuntasan belajar siswa padapost-test siklus I mencapai 21 orang siswa (63,63%) dengan nilai rata-rata 68,93.Dan ketuntasan belajar siswa pada post-test siklus II mencapai 28 orang siswa(84,84%) dengan nilai rata-rata 76,13.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakanmodifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelasVIII SMP Swasta PTPN IV (Persero) Kebun Bukit Lima Kabupaten SimalungunTahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796 435 071 2 /Feb /o |
Keywords: | Pendidikan jasmani ; Optimalisasi pembelajaran ; Lempar cakram ; Metode mengajar komando ; Media modifikasi ; Profil sekolah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9193 |