UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPARCAKRAM MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII3 SLTPPAB 9 KLAMBIR LIMA KEC. HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2012/2013

Syahputra, Harky (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPARCAKRAM MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII3 SLTPPAB 9 KLAMBIR LIMA KEC. HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 608112137 COVER.pdf]
Preview
Text
608112137 COVER.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 608112137 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
608112137 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 608112137 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
608112137 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 608112137 ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
608112137 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 608112137  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
608112137 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 608112137 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
608112137 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 608112137  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
608112137 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 608112137 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
608112137 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 608112137 BAB I.pdf]
Preview
Text
608112137 BAB I.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 608112137 BAB V.pdf]
Preview
Text
608112137 BAB V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 608112137  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
608112137 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lemparcakram melalui penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas SLTP PAB9 Klambir LimaT.A 2012/2013.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Yang terdiri dari siklus I dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian inimaka dilakukan tes hasil belajar I (di siklus I) dan tes hasil belajar II ( di siklus II)yang berbentuk hasil penilaian portofolio kebeneran gerak lempar cakram.Setelah data terkumpul dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajarsebelum menggunakan gaya mengajar Resiprokal (pree test) diperoleh 14 siswa(34,14%) yang telah mencapai tigkat ketuntasan belajar, sedangkan 27 siswa(65,85%) belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata-rata49,99. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajarResiprokal. (2) dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar Resiprokaldisklus I diperoleh 23 siswa (56,10%) yang telah mencapai tingkat ketuntasanbelajar, sedangkan 18 siswa (43,90%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar.Dengan nilai rata-rata 70,93. Kemudian dilakukan kembali gaya mengajarResiprokal yang divariasikan dengan jarak belajar yang diperpanjang. (3) dari teshasil belajar menggunakan gaya mengajar Resiprokal disiklus II diperoleh 37siswa (90,24%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-ratasiswa adalah 78,86.Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 12,67 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 41,67%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan gaya mengajar Resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas VIII3 SLTP PAB 9 Klambir Lima TahunAjaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.435 071 2 Sya u
Keywords: Belajar; Pendidikan; Atletik; Gaya mengajar; Profil SLTP.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 24 Aug 2016 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9189

Actions (login required)

View Item
View Item