Pratama, Ardian Feri (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 DOLOK MASIHUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609112005 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
609112005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
609112005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
609112005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
609112005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
609112005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
609112005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
609112005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
609112005 BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
609112005 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung Melalui Penerapan Variasi Pembelajaran Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Masihul Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan Penerapan Variasi Pembelajaran yang dilakukan Tes Hasil Belajar I (Siklus I) dan Tes Hasil Belajar II (Siklus II) yang berbentuk aplikasi dasar lompat jauh gaya menggantung sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan Penerapan Variasi Pemebelajaran (Tes Awal) diperoleh 19 siswa (43,18 % ) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 25 siswa (56,82%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 73,50. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan penerapan variasi pembelajaran. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan penerapan variasi pembelajaran di siklus I diperoleh 31 (70,45%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar, sedangkan 13 siswa (29,55%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar, dengan nilai rata-rata 80,63. Kemudian dilakukan kembali penerapan variasi pembelajaran yang lebih menekankan aspek yang belum dikuasai siswa.. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diproleh 39 siswa (88,64%) mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 6 siswa (11.36%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 84,77. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,14 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 18,19% berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Masihul Tahun Ajaran 2013-2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796 432 071 /Pra/u |
Keywords: | Pendidikan jasmani ; Lompat jauh ; Gaya menggantung ; Hasil belajar ; Variasi pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9177 |