Bosco, Martinus Jon (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FOREHAND DRIVE PADA TENIS MEJA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112162 cover.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
608112162 pengesahan.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
608112162 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
608112162 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
608112162 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
608112162 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
608112162 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
608112162 BAB I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
608112162 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
608112162 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar forehand drive dalam permainan tenis meja. Metode penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui penerapan metode tutor sebaya pada siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Ajaran 2012/2013.Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes hasil belajar yang dilakukan berdasarkan rubrik penilaian hasil belajar forehand drive pada tenis meja, alat yang dipakai untuk melakukan penilaian dan pengamatan tes hasil belajar adalah dengan menggunakan portofolio. Teknik analiss data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu: reduksi dan paparan data.Metode penelitian ini adalah dengan melakukan tes hasil belajar untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal (pree-test) kemudian setelah didapat hasil dilakukan perlakuandengan menerapkan metode pembelajarantutor sebaya yang di lanjutkan dengan tes hasil belajar I dan setelah di dapat hasil tes belajar I dilanjutkan dengan tes hasil belajar II setelah diberikan pembelajaran dengan metode pembelajaran tutor sebaya.Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis : (1) Tes hasil belajar sebelum menggunakan metode tutor sebaya (pre test) diperoleh hasil, yaitu 4 siswa (11,1%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar diperoleh yaitu 32 siswa (88,9%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 50,31. (2) Setelah di terapkan metode pembelajran tutor sebaya pada Siklus I diperoleh hasil, yaitu 16 siswa (44.44%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 20 siswa (55.56%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 61.73. Kemudian pembelajaran dilaksanakan kembali dengan metode tutor sebaya siklus II diperoleh hasil yaitu 32 siswa (88,9%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, 4 siswa (11,1%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 74,39.Dalam hal ini dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah di berikan perlakuan, sehingga dapat dikatakan bahwa melalui Pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar forehand drive dalam permainan tenis meja pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.346 01 Bos u |
Keywords: | Tenis meja; Hasil belajar; Forehand drive; Tutor sebaya; Metode pembelajaran; Permainan; Perlengkapan; Pendidikan Jasmani. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9168 |