Sembiring, Frananta Edi Syahputra (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEHNIK DASAR RENANG GAYA DADA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA/SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERASTAGI KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112130 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
608112130 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
608112130 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
608112130 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
608112130 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
608112130 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
608112130 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
608112130 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
608112130 BAB I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
608112130 BAB V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
608112130 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan metode pendekatan bermain terhadap keberhasilan belajar pada teknik dasar renang gaya dada dikelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan populasi sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa 213 orang, kemudian diambil sampel peneltian sebanyak 1 kelas yaitu kelas VIII-1 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui metode pendekatan bermain. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar renang gaya dada sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) dari tes hasil belajar I di siklus I diperoleh 14 orang (43,75%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 orang (56,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 63,43. (2) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 28 orang (87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,75. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10,32 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 43,75%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui metode pendekatan bermain efektif meningkatkan hasil belajar teknik dasar renang gaya dada pada siswa kelas VIII SMP Neger 2 Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 797.210 71 Sem u |
Keywords: | Gaya Dada; Hasil Belajar; Resiprokal; Pembelajaran; Renang |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8951 |