Sona, Yusma Ardita (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET MELALUI GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS X SMA BHAYANGKARI – I MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112205 COVER.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
608112205 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
608112205 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
608112205 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
608112205 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
608112205 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
608112205 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
608112205 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
608112205 BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
608112205 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
608112205 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket melalui gaya mengajar penemuan terbimbing pada siswa kelas X SMA Bhayangkari-I Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan pembelajaran melalui gaya mengajar penemuan terbimbing (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaran dengan gaya mengajar penemuan terbimbing yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dribbling bola basket sebanyak 2 kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar penemuan terbimbing (pre-tes) diperoleh 8 siswa (28,57%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (71,43%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 62,68. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar penemuan terbimbing. (2) dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar penemuan terbimbing disiklus I diperoleh 14 siswa (50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 70,54. Kemudian dilakukan kembali gaya mengajar penemuan terbimbing yang menekankan pada gerakan yang kurang dipahami siswa pada pembelajaran siklus I. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 24 siswa (85,71%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (14,29%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 76,97. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui gaya mengajar penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas X SMA Bhayangkari-I Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.323 071 Son u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Dribbling Bola Basket; Pembelajaran; Gaya Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8848 |