Husin, Muhammad (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE DENGAN MENGGUNAKN METODE VAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANAH PUTIH KAB. ROKAN HILIR PROV. RIAU T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310159 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
608310159 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
608310159 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
608310159 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
608310159 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
608310159 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
608310159 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
608310159 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
608310159 BAB I.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
608310159 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
608310159 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle dengan metode VAK pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Putih Kab. Rokan Hilir Prov. Riau Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukankan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 20 oarang siswa-siswi, yang terdiri dari 9 laki-laki 11 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi tekhnik dasar lompat tinggi gaya straddle sebanyak 1 kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 5 orang siswa (25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasannya, sedangkan 15 orang siswa (75%) belum mencapai ketuntasannya. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 50%. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 10 orang siswa (50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 arang siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 62,81%. (3) dari tes hasil belajar II siklus II diperoleh 15 orang siswa (75%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa (25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa 71%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 yaitu sebesar 12,81%, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus II yaitu sebesar 8,19%. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui metode VAK dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle, namun belum memenuhi kreteria ketuntasan secara klasikal yaitu 80% (Aqib Zainal : 2006)Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan 71%. Berdasaskan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Metode VAK dapat meningkatkan proses belajar lompat tinggi gaya stradlle dengan menggunakan Metode VAK ( Visual, Auditory, Kinestetik ) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Putih Kec. Tanah Putih Kab. Rokan Hilir Prov. RIAU
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 071 Hus u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Atletik; Metode VAK; Lompat Tinggi; Gaya Guling |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8829 |