Bondar, Adelbert (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SAMBUNG MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SOSORGADONG KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081266110058 COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
081266110058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
081266110058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
081266110058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
081266110058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
081266110058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
081266110058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
081266110058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
081266110058 BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
081266110058 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
081266110058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sambung melalui penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sosorgadong Kecamatan Sosorgadong Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sosorgadong Kecamatan Sosorgadong Kabupaten TApanuli Tengah dengan jumlah siswa (sampel) sebanyak 32 orang. Subjek yang dijadikan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purvosive Sampling yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing terhadap hasil belajar lari sambung.Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik-teknik lari sambung. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama tiga minggu atau tiga kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan dataHasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 18 orang siswa (56,25%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 14 orang siswa (43,75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 72,03. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 29 orang siswa (90,62%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 orang siswa (9,38) masih belum tuntas, dengan nilai rata-ratahasil belajar adalah 85,15. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 13,12 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 34,37%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar lari sambung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sosorgadong Kecamatan Sosorgadong Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.427 Bon u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Atletik; Lari Sambung; Pembelajaran; Gaya Mengajar; Terbimbing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV840 Winter sports: Ice hockey, skiing, bobsledding, snowmobiling, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8802 |