UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA OBRIEN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP DAERAH KISARAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Pardede, Surya Onan (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA OBRIEN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP DAERAH KISARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 608310213 COVER.pdf]
Preview
Text
608310213 COVER.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 608310213 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
608310213 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 608310213 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
608310213 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 608310213 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
608310213 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 608310213 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
608310213 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 608310213 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
608310213 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 608310213 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
608310213 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 608310213 BAB I.pdf]
Preview
Text
608310213 BAB I.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of 608310213 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
608310213 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 608310213 BAB V.pdf]
Preview
Text
608310213 BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 608310213 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
608310213 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Daerak Kisaran Tahun Ajaran 2012/2013.Peneliti ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK).Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Daerah Kisaran Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 68 orang.Untuk memperoleh data dari penelitian ini maka dilakukan tes awal untuk mendapatkan hasil belajar sebelum melakukan tindakan post-test, lalu dilakukan pembelajaran tolak peluru melalui pendekatan bermain yang dilakukan tes hasil belajar I dan tes belajar II yang berbentuk pendekatan bermain tehnik dasar tolak peluru sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpulkan dilakukan analisis; Dari tes awal hasil belajar pre-test diperoleh 9 orang siswa (26,47%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar , sedangkan 25 orang siswa (73,53%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata – rata 59,74%. Kemudian dilakukan test siklus I diperoleh 16 orang siswa (47,05%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 orang siswa ((52,94%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata – rata 70,59%. Kemudian dilakukan post-test II (siklus II) diperoleh 30 orang siswa (88,23%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa (11,76%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata – rata ketuntasan siswa adalah 79,22%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata hasil belajar siklus I dan Siklus II yaitu sebesar 70,59% dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 79,22%.Bardasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VIII SMP Derah Kisaran Meningkat.ii

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.435 Par u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Atletik; Sejarah; Perkembangan; Kemerdakaan; Tolak Peluru; Cara; Sikap Badan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 11 Aug 2016 08:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item
View Item